Selasa, 10 Desember 2013

Membantu Usaha Kampung Poo Denzipur 11/Ma Membuka Lahan Karet


Detasemen Zeni Tempur 11/MA (Denzipur 11/MA) merupakan satuan jajaran Kodam XVII/ Cenderawasih di samping fungsi teknis melaksanakan sembilan fungsi Zeni diantaranya Konstruksi, Destruksi, Lidikzi, Samaran Rintangan, Jihandak, Perbekalan air listrik dan Nubika pasif, Detasemen Zeni Tempur 11/MA, juga melaksanakan pembinaan teritorial Sat Non Kowil dengan wujud karya bakti berupa pembukaan lahan karet di daerah Distrik Jagebob  Kampung Poo  Kabupaten Merauke.

Karya Bakti ini diwujudkan dengan melakukan kegiatan pembukaan lahan untuk penanaman bibit pohon karet. Adapun pembukaan lahan tersebut diperkirakan membutuhkan waktu 30 hari. Denzipur 11/MA melaksanakan kegiatan Karya Bakti berupa pembukaan lahan karet bersama masyarakat setempat. Sebelum dibuka pekerjaan, dilaksanakan acara adat yang di hadiri oleh Komandan Detasemen Zeni Tempur 11/MA Yaitu Mayor Czi Budi Santoso, acara ini dipimpin langsung oleh Kepala Kampung Poo Distrik Jagebob Kabupaten Merauke. Selain dihadiri oleh masyarakat setempat acara tersebut juga dihadiri oleh undangan dari beberapa instansi lain seperti, Dinas Perkebunan, Kehutanan Kab. Merauke, Kepala Distrik Jagebob, dan perwakilan Polsek Jagebob.

Dalam sambutannya, Kepala kampung Poo mengatakan bahwa untuk membuka lahan karet agar menggelar upacara adat, upacara adat ini dilaksanakan dengan tujuan agar dalam pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar, kepercayaan ini sudah turun temurun dari leluhur masyarakat  Poo.

Dalam pelaksanaan pembukaan lahan karet tersebut, Denzipur 11/MA menggunakan Alat Berat Zeni berupa 1 Unit Dozer yang dioperasionalkan oleh 2 Orang Operator yaitu 1 orang Operator atas nama Praka Jajang dan 1 Orang helper atas nama Pratu Heri Susanto. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan peran TNI bersama-sama dengan komponen masyarakat dalam rangka pembinaan wilayah untuk membantu terciptanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Masyarakat menyambut dengan hangat dan sangat antusias terhadap kegiatan ini.

Kegiatan pembukaan lahan karet yang dilakukan oleh anggota Denzipur 11/MA, dan mendapat sambutan yang positif dari seluruh masyarakat Poo, mereka secara beramai-ramai turut serta ikut berpartisipasi membantu jalannya kegiatan pembukaan lahan karet tersebut. Dengan adanya kegiatan tersebut manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat setempat saat ini maupun dikemudian hari, yaitu merubah ekonomi dan mata pencaharian masyarakat Kampung Poo dengan berkebun karet.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cyberteam 17 | Bloggerized by Cyber - Blogger Themes | NKRI